Parenting dan Anak
Ancaman Kekerasan pada Anak : Kekerasan Fisik dan Pengaruhnya pada Anak Usia Dini

Ancaman Kekerasan pada Anak : Kekerasan Fisik dan Pengaruhnya pada  Anak Usia Dini
Tanda-tanda kekerasan terhadap anak tidak selalu nampak jelas, dan mungkin tidak akan memberi tahu siapapun mengenai apa yang terjadi pada mereka. Namun, korban kekerasan fisik bisa diedukasi, diberikan pendampingan, dan terapi untuk memulihkan psikisnya.

Jumlah kekerasan terhadap anak setiap tahunnya cenderung meningkat. Media massa kerap mengungkap berbagai kasus kekerasan terhadap anak. Namun, masih banyak yang menutupi atau tidak melaporkannya.
 
Pelaku yang melakukan kekerasan pada anak biasanya adalah orang terdekat, yaitu keluarga dan pengasuh. Kadang, kekerasan diterima secara sosial karena dianggap sebagai bagian normal dari pertumbuhan dan perkembangan anak.
Perilaku orang tua berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak ber-gender sama. Anak perempuan lebih banyak mendapat kekerasan dari ibunya, dibandingkan kekerasan oleh ayah. Begitu pula perilaku anak laki-laki yang terkait erat dengan pengalaman mereka bersama ayahnya.
Survei kekerasan terhadap anak di Indonesia pada kelompok umur 18 – 24 tahun yang mengalami kekerasan sebelum umur 18 tahun, menunjukkan dampak kesehatan yang muncul akibat tindakan itu. Perilaku dominan adalah perokok dan pemabuk, selain keinginan menyakiti diri dan bunuh diri.
Terry E. Lawson, seorang psikolog dan penulis buku Parenting: What We Need to Know to Make a Difference membagi kekerasan terhadap anak menjadi beberapa jenis, salah satunya kekerasan fisik (Physical Abuse).
Apa itu Physical Abuse (Kekerasan Fisik)?

  • Terjadi ketika orang tua atau pengasuh memukul/menjewer/mencubit dan melakukan perbuatan yang menyakitkan fisik lainnya. Biasanya, dilakukan untuk mengondisikan anak sesuai keinginan orang tua atau saat anak ingin sesuatu.
  • Anak dapat mengingat kekerasan fisik yang dilakukan terhadapnya.
  • Penelitian University of Wisconsin menemukan bahwa anak yang memiliki kekerasan fisik memiliki amigdala dan hippocampus yang lebih kecil pada usia 12 tahun, daripada anak-anak tanpa riwayat stres. Mereka yang memiliki amigdala dan hippocampus terkecil juga memiliki masalah perilaku, seperti berkelahi atau bolos sekolah.
  • Amigdala terlibat dalam pengaturan emosi, pengambilan keputusan, juga pengaturan emosi, juga penting untuk pembentukan ingatan. Hippocampus yang lebih kecil pada anak-anak yang mengalami pelecehan, bisa menghadirkan rintangan untuk belajar dan menghambat pembelajaran di sekolah.
Tanda-tanda kekerasan terhadap anak tidak selalu nampak jelas, dan mungkin tidak akan memberi tahu siapapun mengenai apa yang terjadi pada mereka. Namun, korban kekerasan fisik bisa diedukasi, diberikan pendampingan, dan terapi untuk memulihkan psikisnya.
Dengan adanya beberapa kasus kekerasan ini diharapkan orang tua bisa menciptakan lingkungan yang aman. Harapannya agar kelak sang buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas akalnya dan mulia akhlaknya.








Parenting dan Anak Lainnya
5 Tips Agar Bunda Tetap Cantik dan Sehat
5 Tips Agar Bunda Tetap Cantik dan Sehat
Jum'at, 16 September 2016 02:57 WIB
Bunda, tampil cantik dan sehat merupakan impian setiap wanita termasuk ibu rumah tangga. Aktivitas sehari-hari yang padat terkadang membuat para bunda lupa untuk mengurus dirinya sendiri. Meski terlihat santai dan memiliki waktu luang, nyatanya ibu rumah tangga memiliki ‘jam kerja’ yang lebih panjang. Oleh karena itu perlu trik dan cara tersendiri untuk tetap tampil cantik dan sehat. Simak ulasan berikut:
Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda
Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda
Rabu, 12 Maret 2014 07:26 WIB
sygmadayainsani.co.id - Manfaat ASI Bagi Bayi & Bunda. Allah Swt selalu memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya, termasuk pemberian makanan awal bagi bayi yang baru lahir berupa Air Susu Ibu (ASI). Para ibu pun disarankan memberikan ASI kepada anaknya sejak lahir hingga dua tahun. Manfaat A
Waspadai 8 Jenis Kanker yang Sering Menimpa Anak-Anak
Waspadai 8 Jenis Kanker yang Sering Menimpa Anak-Anak
Senin, 16 Januari 2017 06:31 WIB
Tahukah Ayah Bunda kalau tanggal 15 Januari adalah hari kanker anak internasional ? Kanker adalah penyakit yang paling ditakuti oleh semua kalangan, apalagi kanker tersebut menimpa anak-anak. Untuk sadar kanker sejak dini pada anak, sebaiknya Ayah Bunda mengetahui gejala-gelaja yang perlu diwaspadai.
Adab-Adab Sebelum Mudik
Adab-Adab Sebelum Mudik
Senin, 27 Juni 2016 04:06 WIB
Ayah Bunda mau mudik ? Cek yu apa aja sunnah Rasulullah sebelum mudik, agar setiap perjalanan kita dihitung sebagai ibadah. 1. Melakukan shalat Istikharah sebelum bepergian (mudik), yaitu shalat sunnah dua raka’at kemudian berdo’a dengan do’a Istikharah. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Apabila seseorang di antara kalian mempunyai rencana untuk mengerjakan sesuatu, hendaklah melakukan shalat sunnah (Istikharah) dua raka’at kemudian membaca do’a. [HR. Al-Bukhari]

Perlu Bantuan?

Hai, Saya ernawati Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya